APBDES 2022 Disahkan, Begini Postur Pendapatan Desa Pacing

Adm | 08 Februari 2022 01:23:14 | Berita Desa | 76 Kali

Pacing 2022. Meski terlambat dari desa sekecamatan Sedan, Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa Pacing akhirnya disahkan. Pendapatan APBDes ini meliputi dana dari Pusat yaitu Dana Desa (DD) sebesar Rp.836.911.000, dana dari kabupaten berupa Alokasi Dana Desa (ADD) sebesar Rp 438.402.000, Dana Bagi Hasil Pajak dan retribusi sebesar Rp.31.625.000, Bantuan Provinsi, dan Bantuan Kabupaten sebesar Rp.200.000.000.  Jika semua Dana itu dihitung, maka total pendapatan desa sebesar  Satu Milyar Lima Ratus Sebelas Juta Sembilan Ratus Tiga Puluh Delapan Ribu Rupiah atau Rp.1.511.938.000

Meski pengelolaan APBDes mencapai satu milyar lebih, akan tetapi dana ini telah memiliki alokasi masing masing, diantaranya untuk kegiatan Pemerintahan Desa seperti Pembayaran Penghasilan Tetap Kades dan Perangkat Desa serta untuk operasional perkantoran, Tunjanagn RT RW, BPD, Karang Taruna dan lain lainya. Sedangkan Dana Desa sebesar 8% digunakan untuk penanganan Covid-19, dan 20% digunakan untuk ketahanan pangan seperti pemberian PMT balita dan lain lain. Serapan dana yang cukup banyak digunakan untuk Bantuan Langsung Tunai yang dari Mentri Keuangan disyaratkan sebesar 40% (93) KPM, akan tetapi desa Pacing menganggarkan lebih dari 40% atau sebanyak 107 KPM untuk penerima  BLT DD. Sisa dari Dana Desa sebesar 32% digunakan untuk pembangunan Jalan tadi dll.

Hadir dalam penetapan APBDes itu adalah Kasi P3D Kecamatan Sedan yaitu Bapak Wahyu Hari Prasetyo, S.E, Babinsa Desa Pacing, Babinkantibnas, pendamping Desa dan segenap element masyarakat desa Pacing dari PKK, ketua RT, ketua RW, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama dan perempuan. Setelah APBDes dibacakan, kemudian ketua BPD H. Sofyan mengesahkan anggaran APBDes tahun 2022.       

 

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
No. HP
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Peta Desa

Aparatur Desa

Sinergi Program

Agenda

Belum ada agenda

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung